Kamis, 18 Juni 2020

Jika Hidupmu Antik, Teruskan !


Menjadi unik dan berbeda itu tidak ada masalah. Jadi anda aneh dan berbeda tidak usah berubah, pertahankan. Berbeda yang unik boleh boleh saja. Buat apa sama saja seperti yang lainnya tapi biasa biasa saja. Tidak mbois. Juga jangan asal beda, tapi tidak ada kelebihannya. Dua potret manusia di bawah ini, unik, antik berbeda tapi keren.

Manusia antik masa kini

Warren Buffet orang paling kaya di muka bumi. Hidupnya aneh bagi pandangan sebagian besar orang. Dengan kekayaannya dia bisa hidup model apa saja. Tapi dia memilih hidup sederhana. Sederhana bukan pelit, karena dia menikmatinya. Sehat dan berumur panjang, usianya lewat 80 tahun.

Dia dapat hidup dan bergaul dengan sosialita jetset kalangan atas, tapi dia memilih punya waktu luang banyak, menonton TV sambil makan popcorn. Ia bepergian dengan pesawat sebagai penumpang biasa, walaupun ia punya perusaat pembuat jet terbesar di dunia. 

Dia tidak punya sopir pribadi atau penjaga keamanan, dia suka mengendarai mobil sendirian. Prinsipnya jangan membeli apa yang tidak dibutuhkan, meskipun rumahnya tanpa pagar tapi apa yang dibutuhkan tersedia di rumahnya. 

Dia mensyukuri apa adanya, walaupun dapat membeli rumah berapapun besar dan banyaknya. Nyatanya dia hanya tinggal di satu rumah dengan tiga kamar yang dibeli setelah menikah 50 tahun lalu. 

Ia manusia unik sejak kanak kanak, mulai umur 11 tahun sudah investasi di saham, umur 14 tahun membeli kebun kecil. Manusia dengan kemampuan investasi paling tajam gabungan dari tiga jenis kecerdasan manusia,  kecerdasan Einstein, nyentrik ala Picasso, bermental raja kaya raya ala Croesus.

Manusia unik dari dunia masa lalu bernama Imanuel Kant.

Meskipun pemikir yang sangat produktif, peofesor yang tersohor, Kant jago kandang. Delapan puluh Tahun dia hanya muter muter di kotanya. Pergi paling jauh 20 km dari kotanya.

Meskipun tidak pernah bepergian tapi mampu mendiskripsikan dengan baik kota dan daerah yang tidak pernah didatanginya. Informasi yang diceritakan dalam tulisan atau ceramahnya adalah dari bacaan dan kemampuan berimajinasi.

Kant tidak kawin, dia normal dan menyukai lawan jenis, karena menurutnya perkawinan akan mengganggu rutinitasnya dan mempengaruhi dunia berpikirnya.

Kant orang yang disiplin waktu, bahkan lebih tepat waktu dari jam. Jadwal keseharianya mulai dari bangun sampai tidur lagi sama sepanjang hidupnya. Supaya selalu bangun jam 5.05 tepat, dia mempekerjakan satpam yang membantu membangunkan. Dan satpam itu tidak pernah sempat membangunkan tidur Kant, karena dia lebih tepat waktu dari jam.

Setiap hari Kant hanya makan satu kali yaitu pada saat jam makan siang. Jam makan siangnya 3 jam dan menjadi forum ilmiah. Pada saat makan siang, Kan mendatangkan kawan diskusi baik koleganya sesama Profesor atau mahasiswanya untuk mendiskusikan berbagai topik ilmiah.

Kant juga sehat dan panjang umur. Dia hidup sampai umur 80 tahun. Tiga ratusan buku yang ditulis oleh orang orang setelahnya, padahal hidup Kant tidak menarik dan membosankan bagi orang yang melihatnya.

Anda unik? pertahankan!

2 komentar:

  1. La nek unike kur ukur ukur pripun pak😄😄🙏🙏

    BalasHapus
  2. Berarti mikire banter pak Luk.😁
    Pripun kabare wong kito galuh, Palembang?

    BalasHapus