Jumat, 29 Mei 2020

TIPS SEDERHANA MEMPERSIAPKAN PERJALANAN LUAR NEGERI

Pada era 'di rumah saja', pergerakan manusia amat terbatas. Jangankan antar negara, antar propinsi, antar kabupaten, antar kecamatan, antar desa dan antar kampung tidak mudah. Pencegahan penularan virus menjadi alasan terjadinya mobilitas manusia. Setelah tiga bulan berlalu, batas daya tahan manusia untuk berdiam sudah di ujung. Beberapa negara sudah melonggarkan lockdown dan pembatasan sosial, tentu saja diikuti dengan protocol baru. Mudah mudahan tidak dalam waktu lama umat manusia mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, kondisi baru, pergerakan manusia antar wilayah antar negara dapat berlangsung kembali

Perjalanan pesawat antar negara berbeda dengan penerbangan dalam negeri. Pemeriksaan juga dua kali, ada cek otoritas bandara dan cek imigrasi. Pemeriksaan imigrasi dalam negeri juga berbeda dengan imigrasi cek di negara tujuan. Di Bangkok, pada pemeriksaan imigrasi kedatangan pada bandara don muaeng internasional, pendatang diperiksa sidik 4 jari kanan kiri, jempol kanan kiri, biometrik. Untuk pengunjung dalam waktu tertentu mengisi aplikasi form yang harus diserahkan kepada petugas untuk memudahkan kita pulang kembali. Aplikasi form berisi data nama, asal, pekerjaan, tujuan kedatangan, berapa lama berkunjung untuk tujuan apa. Juga mengisi datang dengan pesawat apa, tinggal di mana selama di Bangkok. Aplikasi ini diserahkan ke petugas dan yang bersangkutan menyimpan potongan kecilnya sebagai bukti, yang harus disimpan baik baik, karena selama tinggal kerapkali ditanyakan paspor dan lembar kecil ini. Saat kembali ke tanah air proses pemeriksaan serupa dilakukan dalam versi terbalik urutannya dari waktu keberangkatan. Proses imigrasi kembali ke tanah  air lebih mudah bila formulir kedatangan atau kunjungan dalam potongan yang disimpan pemilik paspor terisi dengan baik dan jelas.

Hindari mengambil gambar pada saat di imigrasi, apalagi di pemeriksaan imigrasi negara lain. Silahkan berselfi ria, foto bersama atau mengambil gambar sepuasnya di luar area imigrasi, sebagai bukti sudah sampai di negara asing. Sama seperti bandara bandara di Tanah air, tersedia beberapa spot foto yang menonjolkan ikon kota atau negara tujuan.

Persaratan  dinas ke luar negeri memerlukan syarat yang berbeda dengan perjalanan pribadi. Pegawai yang akan melakukan perjalanan terlebih dahulu mengajukan ijin ke sekretariat negara melalui aplikasi SIMPEL, sistem informasi perjalanan dinas luar negeri. Persyaratan untuk mendapatkan ijin diantaranya undangan atau persetujuan dari instansi di LN, surat tugas, passport, visa ( negara ASEAN bebas visa). Pengalaman kami surat ijin sudah keluar dalam waktu satu minggu. Surat ijin, bahkan kami terima melalui email setelah kami 8 hari di Bangkok.

Setelah melewati kantor imigrasi bandara, penumpang biasanya diarahkan ke ruang boarding. Bagi penumpang yg terbiasa melakukan perjalan pesawat dalam negeri, biasanya segera  membeli minuman untuk dibawa naik ke pesawat, apalagi penerbangan low cost semacam Lion Air Thai. Untuk penerbangan antar negara penumpang dilarang membawa minuman masuk ke ruang boarding. Penumpang diminta menuang atau meninggalkan minuman. Sebagai gantinya otoritas bandara menyediakan air isi ulang, panas atau dingin.

Juga perlu mempersiapkan colokan listrik yang berbeda beda antar negara terutama bagi calon pelancong yang tidak bisa lepas dari gadget. Bagaimana cara menyesuaikan dan menyediakan perangkat listrik yang sesuai untuk berbagai negara tujuan, silahkan mencari informasi di mbah google. 

Untuk urusan tinggal dan tiket pesawat sebenarnya tidak terlalu sulit saat ini. Traveloka, tiket.com dan agen anline serupa sudah memanjakan pilihan untuk pemakai jasa. Tidak perlu harus membeli dengan mata uang negara tujuan. Dapat dibeli dengan rupiah dan dapat kita tuntaskan urusannya sebelum melakukan perjalanan. Jika urusan transportasi dan akomodasi tinggal selesai, yang perlu dipersiapkan urusan makanan halal dan mata uang. Tidak lucu pas mau beli makanan uangnya tak laku, pas naik angkutan tidak bisa membayar. 

Kita dapat menarik dari ATM berlogo VISA mata uang asing, tapi biayanya mahal sekitar 150
s.d 200 ribu, sayang kan. Sebaiknya segera menukar uang di moneu changer. Sebaiknya sejumlah kebutuhan belanja selama di LN, supaya tidak rugi selisih kurs, atau di tengah jalan uang setempatnya sudah habis.

Juga penting untuk mempersiapkan pulsa roaming atau kartu untuk telekomunikasi.

Wis semeneh sek, nanti sambung lagi.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar